Jadi ragam dialog bisa diartikan sebagai proses
pertukaran komunikasi antara satu atau lebih dalam mengambilan kaidah informasi
dalam user dan sistem komputer.
Tujuan
Ragam Dialog
Untuk menyajikan dan mendiskusikan
berbagai teknik dialog yang ada dan untuk mengidentifikasikan beberapa kekuatan
dan kelemahan dari setiap teknik dialog yang akan disajikan.
Karakteristik
Umum Ragam Dialog
Konsistensi
Sistem yang konsisten akan mendorong
pengembangan mentalitas dengan memberikan petunjuk kepada pengguna untuk
mengekstrapolasi pengetahuan yang ia miliki untuk memahami perintah yang baru
lengkap dengan pilihan yang ada
Konsisten bukan berarti semua
interface harus terlihat sama
Konsisten menggunakan tampilan
sehingga user tahu dimana harus melihat instruksi, pesan error, dan status
suatu informasi
Umpan Balik
Pada ragam dialog jika pengguna
melakukan kesalahan komputasi, maka program akan menampilkan suatu pesan
kesalahan.
Observabilitas
Sistem dikatakan mempunyai sifat
observabilitas apabila sistem itu berfungsi secara benar dan nampak sederhana
bagi pengguna, meskipun sesungguhnya pengolahan secara internalnya sangat
rumit.
Kontrolabilitas
Sistem yang selalu dalam kontrol
user. Dialog yang memiliki sifat ini harus memungkinkan user agar dapat
menentukan:
·
Dimana sebelumnya ia berada
·
Dimana sekarang ia berada
·
Kemana ia dapat pergi
·
Apakah pekerjaan yang sudah dilakukan dapat dibatalkan
Efesiensi
Sebuah sistem akan menjadi
penting, ketika mereka mempengaruhi pada sebuah waktu tanggapan / untuk
memajukan penampilan sebuah sistem, seringkali perancang lebih memilih untuk
memanfaatkan hasil teknologi baru untuk meminimalkan ongkos pengembangan
sistem.
Keseimbangan
Strategi yang diambil dalam
perancangan sistem manusia-komputer haruslah dapat membagi-bagi pekerjaan
antara manusia dan komputer seoptimal mungkin
Sifat Ragam
Dialog
Inisiatif
Pengguna
memberikan tanggapan atas prompt yang berikan oleh komputer untuk memasukkan
perintah atau parameter perintah
Keluwesan
Tidak hanya dilihat dari kemampuan
sistem menyediakan sejumlah perintah-perintah yang memberikan hasil sama,
tetapi bagaimana sistem dapat menyesuaikan diri dengan keinginan pengguna dan
bukan sebaliknya
Keluwesan juga memberi kesempatan
pada pengguna untuk costumizing sistem
Kompleksitas
Keluwesan harus dibayar dengan
kompleksitas implementasi yang tinggi, oleh sebab itu perlu pembatasan
kompleksitas dengan cara TIDAK membuat antarmuka lebih dari yang diperlukan
karena tidak ada keuntungan darinya
Kekuatan
Diartikan sebagai beberapa jumlah
kerja yang akan dapat dilakukan kepada sebuah sistem yang untuk
sebuah perintah yang akan diberikan kepada user. Aspek ini dapat
berbenturan dengan aspek keluwesan dan kompleksitas.
Misal : pengguna ahli memberikan
respon positif terhadap perintah-perintah yang powerfull
Beban informasi
Penyampaian informasi dalam dialog
yang sesuai dengan kebutuhan pengguna
Kategori Ragam Dialog
·
Dialog berbasis perintah
tunggal
·
Dialog berbasis bahasa
pemrograman
·
Antarmuka berbasis bahasa
alami
·
Sistem Menu.
·
Dialog berbasis pengisian
formulir
·
Antarmuka Berbasis Ikon
·
Sistem Penjendelaan
·
Manipulasi Langsung
·
Antarmuka Berbasis Interaksi
Grafis
Dialog berbasis perintah tunggal
“Perintah-perintah tunggal yang
dioperasikan tergantung dengan sistem operasi komputer yang dipakai.
Bahasa perintah harus dirancang
sedemikian rupa sehingga mereka mempunyai sifat alamiah, yakni mudah dipelajari
dan diingat oleh kebanyakan pengguna. Meskipun bersifat buatan, contoh :
·
DOS (dir, delete, format,
copy, dll)
·
Unix / Linux (ls, vi, who,
passwd, dll)
Dialog berbasis bahasa pemrograman
Dialog berbasis bahasa pemrograman
ialah ragam dialog yang kemungkinan user untuk memrintahkan beberapa jumlah
perintah kedalam suatu database/berkas yang disebut dengan batch file.
Bach file ia;ah file text yang
berisi beberapa perintah dasar yang ada pada sistem operasi windows
Antarmuka berbasis bahasa alami
“Dialog yang berisikan
instruksi-instruksi dalam bahasa alami (manusia) yang diterjemahkan oleh sistem
penterjemah“.
Contoh Antarmuka berbasis bahasa
alami:
Cetak daftar semua mahasiswa yang
mempunyai IP semester lebih besar dari 3,0
Contoh ...
Bahasa diatas kemudian
diterjemahkan ke dalam instruksi yang ekuivalen dengan dbase atau foxpro,
sebagai :
DISPLAY ALL FOR IPSEM > 3.0
Atau dalam dialek Turbo Pascal
while not eof (T) do
begin
readln(T,S) ;
if S.IpSem > 3.0 then
writeln(S.NamaMahasiswa);
End;
Sistem Menu
“ Dialog yang menampilkan daftar
sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas ”
Sistem Menu terbagi menjadi 2
yaitu :
·
Sistem Menu Datar
- Selektor pilihan
- Penggunaan Tanda terang (highlight marker)
·
Sistem Menu Tarik (Pulldown)
Antarmuka Berbasis Ikon
“ Dialog yang menggunakan simbol
atau tanda untuk menunjukan suatu pilihan aktifitas tertentu”.
Sistem Penjendelaan
“Sistem antarmuka yang
memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi pada satu atau lebih
jendela (window) “.
Manipulasi Langsung
Penyajian langsung aktifitas
kepada pengguna (user) sehingga aktifitas akan dikerjakan oleh komputer ketika
pengguna memberikan instruksi langsung yang ada pada layar komputer “.
Antarmuka Berbasis Interaksi Grafis
Dialog berbentuk pesan atau informasi
pada suatu gambar atau link yang tampil ketika pengguna melakukan suatu
aktifitas“.
Contoh : Pada saat microsoft word,
kursor akan mendekati suatu icon yang akan muncul pada sebuah pesan yang akan
menunjukkan sebuah arti icon itu sendiri
Nama ;Abdul Muhyi
Nim :231141199
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS MH-THAMRIN
Casinos Near Casino Lake Tahoe | MapyRO
BalasHapusFind 광주광역 출장안마 Casinos Near Casino 강원도 출장마사지 Lake Tahoe, Stateline, NV, along Lake Tahoe Hotel Casino & 서귀포 출장안마 Spa 천안 출장마사지 Lake Tahoe Lake Tahoe Lake Tahoe Lake 광양 출장샵 Tahoe.